Motor injeksi merupakan pengembangan dari motor karburator yang hampir ditinggalkan produsen sepeda motor,dengan produk yang makin ekonomis makin diminati banyak konsumen.Untuk itu perlu diperkenalkan secara awam kepada konsumen untuk merawat secara berkala sepeda motor kesayangannya.
Beberapa hal umum yang harus diperhatikan berkaitan dengan servis sistem EFI atau PGM-FI
1.Pastikan untuk membuang tekanan bahan bakar sementara mesin dalam keadaan mati
2.sebelum melepas fuel feed hose ( selang penyalur bahan bakar )buanglah tekanan dari sistem tekanan dengan melepas quick connector filling ( peralatan penyambung dengan cepat ) pada fuel pump ( Pompa bahan bakar ).
3.jangan tutup throttle valve dengan mendadak dari posisi terbuka penuh ke tertutup setelah throttle cable ( kabel gas tangan ) telah dilepaskan hal ini dapat mengakibatkan putaran stationer yang tidak tepat.
4.programmed fuel injection ( PGM-FI ) system dilengkapi dengan self-diagnostic system ( system diagnosis sendiri ) yang telah diuraikan.Jika malfunction indicator (MIL) atau lampu indikator kegagalan pemakaian ( tidak berkedip-kedip ).ikuti self diagnostic prosedure untuk melakukan persoalannya.
5.sebuah system PGM-FI yang tidak bekerja dengan baik sering kali disebabkan pleh hubungan buruk atau konektornya berkarat.Periksalah hubungan-hubungan ini sebelum melanjutkan pemeriksaan.
Jadwal pemerawatan berkala motor injeksi PGM-FI
1.Saluran selang bahan bakar
Periksalah saluran bahan bakar setelah menempuh jarak 4.000 km,8.000 km,12.000 km, dan seterusnya setiap 4.000 km.
2.Sistem penyalur udara sekunder
periksa dan bersihkan saluran udara sekunder setelah menempuh jarak 12.000 km.Ganti selama 3 tahun sekali atau ganti setelah jarak 24.000 km.
3.Putaran stationer mesin
periksa dan bersihkan,stel putaran stationer/langsam setelah menempuh jarak 500 km,2000 km,4.000 km dan seterusnya setiap 2000 km.
4.Cara kerja gas tangan
periksa dan bersihkan (jika perlu) gas tangan setelah menempuh jarak 4.000 km,8.000 km,12.000 km dan seterusnya setiap 4.000 km.
5.Saringan udara
periksa dan bersihkan saringan udara setelah menempuh jarak 2.000 km,4.000 km dan seterusnya setiap 2.000 km
Terimakasih atas perhatiannya semoga bermanfaat untuk anda sekalian
Beberapa hal umum yang harus diperhatikan berkaitan dengan servis sistem EFI atau PGM-FI
1.Pastikan untuk membuang tekanan bahan bakar sementara mesin dalam keadaan mati
2.sebelum melepas fuel feed hose ( selang penyalur bahan bakar )buanglah tekanan dari sistem tekanan dengan melepas quick connector filling ( peralatan penyambung dengan cepat ) pada fuel pump ( Pompa bahan bakar ).
3.jangan tutup throttle valve dengan mendadak dari posisi terbuka penuh ke tertutup setelah throttle cable ( kabel gas tangan ) telah dilepaskan hal ini dapat mengakibatkan putaran stationer yang tidak tepat.
4.programmed fuel injection ( PGM-FI ) system dilengkapi dengan self-diagnostic system ( system diagnosis sendiri ) yang telah diuraikan.Jika malfunction indicator (MIL) atau lampu indikator kegagalan pemakaian ( tidak berkedip-kedip ).ikuti self diagnostic prosedure untuk melakukan persoalannya.
5.sebuah system PGM-FI yang tidak bekerja dengan baik sering kali disebabkan pleh hubungan buruk atau konektornya berkarat.Periksalah hubungan-hubungan ini sebelum melanjutkan pemeriksaan.
Jadwal pemerawatan berkala motor injeksi PGM-FI
1.Saluran selang bahan bakar
Periksalah saluran bahan bakar setelah menempuh jarak 4.000 km,8.000 km,12.000 km, dan seterusnya setiap 4.000 km.
2.Sistem penyalur udara sekunder
periksa dan bersihkan saluran udara sekunder setelah menempuh jarak 12.000 km.Ganti selama 3 tahun sekali atau ganti setelah jarak 24.000 km.
3.Putaran stationer mesin
periksa dan bersihkan,stel putaran stationer/langsam setelah menempuh jarak 500 km,2000 km,4.000 km dan seterusnya setiap 2000 km.
4.Cara kerja gas tangan
periksa dan bersihkan (jika perlu) gas tangan setelah menempuh jarak 4.000 km,8.000 km,12.000 km dan seterusnya setiap 4.000 km.
5.Saringan udara
periksa dan bersihkan saringan udara setelah menempuh jarak 2.000 km,4.000 km dan seterusnya setiap 2.000 km
Terimakasih atas perhatiannya semoga bermanfaat untuk anda sekalian
Post a Comment