A.Nama-nama komponen utama AC ( Air Conditioners )
AC atau Air Conditioners,adalah suatu rangkaian peralatan ( Komponen ) yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam kabin agar penumpang dapat merasa segar dan nyaman.Rangkaian peralatan ( komponen ) tersebut adalah :
1). Compresor
Berfungsi untuk memompakan refrigran yang berbentuk gas agar tekanannya meningkat sehingga juga akan mengakibatkan temperaturnya meningkat.
2). Condensor
Berfungsi untuk menyerap panas pada refrigerant yang telah dikompresikan oleh kompresor dan mengubah refrigrant yang berbentuk gas menjadi cair ( dingin ).
3). Dryer/Receifer
Berfungsi untuk menampung refrigrant cair untuk sementara,yang untuk selanjutnya mengalirkan ke evaporator melalui expansion valve,sesuai dengan beban pendingin yang dibutuhkan.Selain itu Dryer/Receifer juga berfungsi sebagai filter untuk menyaring uap air dan kotoran yang dapat merugikan bagi siklus refrigerant.
4). Xpansion valve
Berfungsi mengabutkan refrigerant kedalam evaporator,agar refrigerant cair dapat segera berubah menjadi gas.
5). Evaporator
Merupakan kebalikan dari condensor Berfungsi untuk menyerap panas dari udara yang melalui sirip-sirip pendingin evaporator,sehingga udara tersebut menjadi dingin.
6). Blower
Tipe Crank :
pada tipe ini sisi piston yang berfungsi hanya satu sisi saja,yaitu bagian atas,Oleh sebab itu kepala silinder ( Valve Plate ) terdapat dua katup yaitu katup isap ( suction ) dan katup penyalur ( discharge ).
Tipe Through Vane :
ini terdiri atas dua Vane yang integral dan saling tegak lurus.Dan bila rotor berputar Vane akan bergeser pada arah radial sehingga ujung-ujung Vane selalu bersinggungan dengan permukaan dalam silinder.
Kopling Magnet :
Kopling Magnet adalah perlengkapam kompressor yaitu suatu alat yang dipergunakan untuk melepas dan menghubungkan kompressor dengan putaran mesin.Peralatan intinya adalah : Stator,Rotor, Dan Pressure Plate.
Cara Kerjanya :Puli kompressor selalu berputar oleh perputaran mesin melalui tali kipas pada saat mesin hiup.Dalam posisi Switch AC off,Kompressor tidak akan berputar,dan kompressor hanya akan berputar apabila Switch AC dalam posisi hidup ( ON ) hal ini disebabkan oleh arus listrik yang mengalir kestator coil akan mengubah stator coil menjadi magnet listrik yang akan menarik pressure plate dan bidang singgungnya akan bergesekan dan saling melekant dalam satu unit ( Clutch Assembly ) Memutar kompressor.
Kontruksi :
Puli terpasang pada poros kompressor dengan bantalan diantaranya menyebabkan puli dapat bergerak dengan bebas.Sedang stator terikat dengan kompressor Housing,Pressure plate terpasang mati pada poros kompressor.
AC atau Air Conditioners,adalah suatu rangkaian peralatan ( Komponen ) yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam kabin agar penumpang dapat merasa segar dan nyaman.Rangkaian peralatan ( komponen ) tersebut adalah :
1). Compresor
Berfungsi untuk memompakan refrigran yang berbentuk gas agar tekanannya meningkat sehingga juga akan mengakibatkan temperaturnya meningkat.
2). Condensor
Berfungsi untuk menyerap panas pada refrigerant yang telah dikompresikan oleh kompresor dan mengubah refrigrant yang berbentuk gas menjadi cair ( dingin ).
3). Dryer/Receifer
Berfungsi untuk menampung refrigrant cair untuk sementara,yang untuk selanjutnya mengalirkan ke evaporator melalui expansion valve,sesuai dengan beban pendingin yang dibutuhkan.Selain itu Dryer/Receifer juga berfungsi sebagai filter untuk menyaring uap air dan kotoran yang dapat merugikan bagi siklus refrigerant.
4). Xpansion valve
Berfungsi mengabutkan refrigerant kedalam evaporator,agar refrigerant cair dapat segera berubah menjadi gas.
5). Evaporator
Merupakan kebalikan dari condensor Berfungsi untuk menyerap panas dari udara yang melalui sirip-sirip pendingin evaporator,sehingga udara tersebut menjadi dingin.
6). Blower
Tipe Crank :
pada tipe ini sisi piston yang berfungsi hanya satu sisi saja,yaitu bagian atas,Oleh sebab itu kepala silinder ( Valve Plate ) terdapat dua katup yaitu katup isap ( suction ) dan katup penyalur ( discharge ).
Tipe Through Vane :
ini terdiri atas dua Vane yang integral dan saling tegak lurus.Dan bila rotor berputar Vane akan bergeser pada arah radial sehingga ujung-ujung Vane selalu bersinggungan dengan permukaan dalam silinder.
Kopling Magnet :
Kopling Magnet adalah perlengkapam kompressor yaitu suatu alat yang dipergunakan untuk melepas dan menghubungkan kompressor dengan putaran mesin.Peralatan intinya adalah : Stator,Rotor, Dan Pressure Plate.
Cara Kerjanya :Puli kompressor selalu berputar oleh perputaran mesin melalui tali kipas pada saat mesin hiup.Dalam posisi Switch AC off,Kompressor tidak akan berputar,dan kompressor hanya akan berputar apabila Switch AC dalam posisi hidup ( ON ) hal ini disebabkan oleh arus listrik yang mengalir kestator coil akan mengubah stator coil menjadi magnet listrik yang akan menarik pressure plate dan bidang singgungnya akan bergesekan dan saling melekant dalam satu unit ( Clutch Assembly ) Memutar kompressor.
Kontruksi :
Puli terpasang pada poros kompressor dengan bantalan diantaranya menyebabkan puli dapat bergerak dengan bebas.Sedang stator terikat dengan kompressor Housing,Pressure plate terpasang mati pada poros kompressor.
Post a Comment