Pendahuluan
|
||||
![]() |

![]() |
Motor penggerak mula
Contoh-contoh :
Motor
penggerak mula
|
Jenis
tenaga primer
|
·
Turbin
air
·
Mesin
uap
·
Motor
bakar
·
Kincir angina
|
·
aliran
air
·
aliran
uap akibat pembakaran
·
Kimia
bahan bakar
·
aliran angin
|
Prinsip pengubahan tenaga pada motor penggerak mula

·
Tenaga
Primer tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.
·
Jumlah
tenaga primer yang dimasukkan pada suatu motor selalu sama besar dengan jumlah
tenaga yang dihasilkan ( out - put )
·
Tenaga
primer yang tidak akan pernah dapat diubah 100% menjadi tenaga mekanis.
Sebagaian tenaga primer akan dikeluarkan dalam bentuk lain seperti panas. Gas
buang, pendinginan, gesekan & Radiasi bagian tenaga yang tidak dapat diubah
menjadi tenaga mekanis dinilai sebagai kerugian pada proses pengubahan tenaga.

h selalu lebih kecil dari 100%
Contoh : Pada Motor Bensin, Tenaga Primer 100% C. panas/kalori
hasil pembakaran hanya akan menghasilkan rendemen/effisiensi sebesar kurang
lebih 30%. Sedang yang lain hilang. Karena terbawa gas buang 30%, diserap oleh
sistem pendingin 30%, akibat gesekan dan radiasi 10%.
Prinsip pengubahan tenaga pada motor bakar
Prinsip pengubahan tenaga pada motor bakar
Motor bakar adalah pesawat pengerak mula yang mengubah tenaga
kimia bahan bakar menjadi tenaga
panas ( kalor ) dengan jalan pembakaran, panas tersebut selanjutnya di rubah
menjadi tenaga mekanik
Proses pengubahan tenaga kimia
bahan bakar menjadi tenaga mekanik pada motor bakar
![]() |
Macam-macam motor bakar pembakaran dalam
1. Motor torak

Sifat – sifat yang menonjol
·
Gerak
Translasi / gerak bolak-balik torak dirubah menjadi gerak putar poros engkol.
·
Untuk
mengurangi getaran, jumlah silinder dapat dibuat lebih dari Satu.
·
Digunakan
pada motor 2 tak dan 4 tak baik motor Bensin maupun Diesel
2.
Motor
Wankel
![]() |
Sifat-sifat yang menonjol
·
Gerakan
torak berotasi ( berputar )
·
Pengisian,
kompresi dan pembuangan diatur oleh torak
·
Lebih
ringan
·
Getaran
kecil
·
Jarang
digunakan dan tidak diproduksi secara massal
Contoh : Mazda RX-7
Mercedes Benz
3. Turbin gas
![]() |
Sifat – sifat yang menonjol
·
Semua
bagian berputar, sehingga getaran kecil
·
Pembakaran
berlangsung secara terus menerus
Penggunaan : Pesawat
terbang, penggerak generator listrik
Macam – macam konstruksi motor torak
a.
Motor 2 Tak
(Bensin)

Sifat sifat yang menonjol
·
Pendinginan
dengan udara, getaran sirip keras
·
Pelumasan
silinder dengan mencampurkan oli kebahan bakar
·
Pengisian,
pembilasan, kompresi dan pembuangan lewat saluran-saluran diatur oleh torak
·
Pembetukan
campuran bahan bakar diluar silinder
·
Penyalaan
dengan sistem pengapian atau penyalaan diri
b.
Motor 2 Tak
Diesel

Sifat –sifat yang menonjol
1.
Pendingin
dengan air pendingin
2.
Pembilasan memanjang
3.
Memerlukan
katup buang
4.
Pengisapan
dan pembilasan dijalankan oleh kompresor yang langsung menekan udara ke dalam
silinder
5.
Pelumasan
tekan
6.
penyalaan
dengan penyalaan diri
Penggunaan : Kapal
laut, Kereta api
c.
Motor Otto
( Bensin 4 Tak )

Sifat-sifat yang menonjol
·
Pendinginan
dengan air pendingin
·
Pelumasan
silinder dengan semprotan oli atau percik ( dengan sistem panci, sirkulasi
tekan oleh pompa oli )
·
Pengisian,
kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup
·
Pembentukan
campuran bahan bakar dan udara terjadi diluar silinder
·
Pembakaran
dengan sistem pengapian
d. Motor Diesel ( 4Tak )

Sifat-sifat yang menonjol
·
Pendingian
dengan air pendingin
·
Pelumasan
silinder dengan semprotan oli atau percikan
·
Pengisian,
kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup
·
Pembentukan
campuran bahan bakar dan udara didalam silinder
·
Pembakaran
terjadi dengan sendirinya
Latihan : Kriteria penggolongan motor torak
![]() |
||||||||
![]() |
||||||||
![]() |
||||||||
![]() |
||||||||
![]() |
||||||||
![]() |
Post a Comment